Penjelasan Tentang Server

macam macam server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan. Server didukung dengan komputer yang spesifikasinya lumayan besar, juga sistem operasinya yang khusus.
Server dapat menjalankan aplikasi dan mengontrol secara administratif terhadap sumber daya yang terdapat didalamnya. jadi sobat novtani blog perlu ketahui apa saja macam sistem operasi yang digunakan server antara lain adalah :

Beberapa  server antara lain adalah sebagai berikut :
Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
  • Data Server ( Server Data )
Server datasendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secaralangsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.
Sobat Novtani perlu tahu kegunaan Server memang sangat banyak bukan hanya untuk proxy saja yang sering kita kenal. Server yaitu gunanya untuk situs internet, ilmu pengetahuan atau sekedar menyimpan data.

Macam – Macam Server
File Server 
File Server adalah Komputer yang besar untuk PC Greater kecepatan, penyimpanan dan pengolahan. Contoh File Sharing yang sering kita akses seperti mediafire.com, rapidshare dsb.
Database Server
Database Server adalah komputer yang menyediakan layanan program aplikasi pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS (Data Base Manajemen Sistem ). Biasanya Database server menggunakan
Printer Server
Server ini digunakan sebagai pusat layanan percetakan pagi client. Printer server biasanya digunakan oleh banyak client dalam satu jaringan komputer. dengan ini dapat menghemat biaya pembelian hardware printer karena hanya cukup 1 printer saja.
DNS Server
DNS server atau Domain Name Server berguna untuk menterjemahkan alamat domain menjadi IP ( internet Protocol ).
Telnet Server
Telnet Server adalah server yang melayani service telnet. Telnet Server berguna untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui server telnet hanya dengan login lalu telnet server akan mengarahkan tujuan yang diminta oleh client.
Proxy Server
Proxy Server adalah server yang digunakan untuk memperkuat keamanan jaringan. Proxy server digunakan untuk memfilter permintaan service keluar maupun masuk dari client. Proxy Server juga dapat memblock IP Address sehingga tidak dapat di akses oleh para client.
Mail Server
Mail Server adalah server yang melayani surat menyurat atau service email. client dapat mengorganisasikan email yang masuk dan client dapat saling mengirim dan menerima email secara berbarengan didalam suatu jaringan komputer.
Demikian rangkuman tentang server.. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment