Tips Memilih suplemen makanan agar tetap sehat


Sebelum membahas tentang cara yang tepat memilih suplemen makanan, kita harus mengetahui apa itu suplemen makanan ??, lalu apa fungsi dari suplemen makanan itu sendiri, dan ada dampaknya tidak?
"Suplemen makanan adalah produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat yang dikemas dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk atau cairan yang berfungsi sebagai pelengkap kekurangan zat gizi dalam tubuh. Makanan penunjang ini umumnya terbuat dari bahan-bahan alami.(Kariyadi, 1998).

CAKUPAN PADA SUPLEMEN
Cakupan suplemen makanan meliputi vitamin, mineral, enzim, asam amino, hormon, herba, antioksidan dan probiotik ( Femi, Syamsir, dan Iwan, 2006 ).
  1. Vitamin Vitamin berfungsi membantu metabolisme tubuh dan produksi energi.
  2. Mineral Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk proses metabolisme.
  3. Enzim enzim merupakan biokatalisator spesifik yang bergabung dengan koenzim ( vitamin dan mineral ) yang menjalankan roda kehidupan melalui metabolisme agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.
  4. Asam Amino Asam amino dapat didefinisikan sebagai kumpulan besar satuan organik, yang mewakili produk akhir dari mata rantai protein.
  5. Hormon Hormon adalah suatu zat kimia yang diproduksi tubuh secara spesifik dan berperan mengatur berbagai proses fisiologis tubuh yang menentukan siapa kita, dimulai dari pertumbuhan, reproduksi metabolisme yang membuat kita tetap hidup.
  6. Herba merupakan sistem pengobatan holistik yang mengarah pada usaha mengembalikan mekanisme tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
  7. Antioksidan Antioksidan adalah segala bentuk substansi yang pada kadar rendah secara bermakna dapat mencegah atau memperlambat proses oksidasi (proses dimana terjadi pengurangan atau pemindahan jumlah elektron dalam reaksi kimia).
  8. Probiotik Probiotik membantu proses pencernaan dengan cara memecah makanan menjadi komponen – komponen individualnya seperti lemak, asam amino, karbohidrat, vitamin, mineral agar bisa diserap oleh tubuh. ( Vitahealth, 2006 ).
MANFAAT SUPLEMEN
Manfaat suplemen secara umum adalah sebagai berikut :
1. Mencegah terjadinya penurunan kualitas nutrisi bagi tubuh
2. Mencegah penurunan kualitas gaya hidup
3. Memenuhi kebutuhan tubuh akan komponen utama nutrisi

MEMILIH SUPLEMEN MAKANAN YANG BAIK
jenis suplemen makanan di Indonesia sangat bervariasi. Masing – masing jenis Suplemen juga memiliki khasiat yang berbeda. Untuk itu konsumen harus teliti dalam memilih suplemen yang baik sehingga tidak menimbulkan hal buruk.

Tips memilih Suplemen makanan yang baik adalah sebagai berikut :
 
  1. Di Produksi oleh perusahaan yang sudah terkenal dalam suplemen makanan dan mengembangkan riset dan disertifikasi oleh otoritas setempat bahkan telah diakui departemen kesehatan, bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi.
  2. Sebelum membeli suplemen, periksa Masa kadaluarsa (Expired date) dan label dari departemen kesehatan, sertifikasi halal, agar suplemen yang kita pilih memenuhi standar kesehatan.
  3. Pertimbangkan segala dampak yang mempengaruhinya. Seperti kondisi tubuh, manfaat yang Anda inginkan serta daya beli Anda.
  4.  Telitilah dengan cermat komposisi dan daftar bahan-bahan yang terkandung (ingredients). Pastikan tertulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia sehingga terbaca dengan jelas, juga tercetak dengan menggunakan huruf latin. Sebab, ini bisa membuktikan bahwa produk tersebut telah melewati ‘sensor' pemerintah.
  5.  Perhatikan dengan cermat dimana produk tersebut dibuat, karena pencantuman tersebut dapat menyatakan bahwa lebih dari 50% bahan dan seluruh proses dilaksanakan di negara yang tertera.
  6. Perhatikan simbol pada kemasan yang biasanya terdapat gambar-gambar tertentu mengandung arti. Seperti : Registered Trade Mark, dilambangkan dengan huruf R dalam lingkaran yang menunjukkan bahwa merek dagang tersebut telah terdaftar di kantor paten negara asal produk.
  7. Pastikan kemasan rapat, dan masih tersegel.
Contoh produk suplemen makanan yang saat ini booming di dunia maya yakni suplemen makanan sehat Sea Quill
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment